Monday, April 20, 2009

MAHASISWA BERONTAK

Serial Mahasiswa.
Kalau kita kembali sejenak kebelakang, tentang demontrasi mahasiswa, mulai tahun 1940an, kita jadi mengenang orang tua kita, dimana saat itu masih masa penjajahan, dimana beberapa tokoh pendidikan dan tokoh agama bersatu untuk melawan penjajah Belanda dan Jepang. Kelahiran Sumpah Pemuda, Nahdatul Ulama (NU), Tentara Pelajar (TP) dan juga TNI menginspirasikan semua kekuatan Pemuda untuk melawan Penjajah.

Ketika, era penjajahan selesai, Mahasiswa kembali diajak untuk mengamalkan "Tri Dharma" nya, pada tahun 1965, mahasiswa kembali menjadi motor pembaharuan. Mereka terkenal dengan Angkatan 66. Dan juga diikuti oleh pergerakan mahasiswa tahun 1974 dengan "MALARI"nya

Kembali lagi, Mahasiswa menjadi motor pergerakan, pada tahun 1998 turun kejalan dan menjadi pahlawan reformasi. Namanya juga Mahasiswa, idealisme dan juga semangat tinggi yang menjadi modal utamanya.
Serial berikutnya : 1. Mahasiswa Pelopor Pergerakan di Daerah; 2. Nasib Bangsa ada ditangan Mahasiswa dan 3. Mengenang Tokoh2 Pergerakan Mahasiswa, Siapa dan Mengapa ?